Featured Video


Free chat widget @ ShoutMix

Founder of Hotmail

Penemu HOTMAIL bukanlah warga Amerika sebagaimana diperkirakan oleh kebanyakan orang, tetapi adalah seorang muslim berkebangsaan India. HOTMAIL adalah jenis email yang paling sering digunakan di seluruh dunia, merupakan bahagian dari lingkuangan operasi Microsoft Windows, yaitu sebuah perusahaan milik Amerika Serikat. Latar belakang HOTMAIL meninggalkan kisah sukses pribadi yang pantas disebut sebut, terutama seperti yang muncul pada nama penemunya sendiri yang menunjukkan ia adalah seorang muslim, yaitu Sabeer Bhatia
Pada tahun 1988, Sabeer Bhatia datang ke Amerika untuk belajar di Universitas Stanford, kemudian dapat menyelesaikan studi dengan hasil yang memungkinkannya untuk bekerja di sebuah perusahaan internet. Disanalah ia bertemu dengan seorang pemuda lulusan universitas yang sama ; Jack Smith.

Hampir setiap perjuampaan mereka penuh dengan diskusi diskusi, tetapi yang sering dibahas mereka adalah cara mengejar ketinggalan dengan internet dalam mendirikan sebuah perusahaan. Oleh karena itu diskusi diskusi mereka selalu berkisar seputar perusahaan tempat mereka bekerja. Ketika disarankan oleh Akchwhma Riishma agar menggunakan semacam layanan perusahaan untuk meneruskan diskusi diskusi mereka.
Sabeer Bhatia lansung berfikir untuk merancang sebuah program yang kemudian diberikan alamat pribadi kepada setiap orang.

Demikianlah pekerjaan rahasia antara mereka dalam penemuan HOTMAIL. Pada tahun 1996, surat yang ditujukan kepada publik telah cepat menyebar sehingga dapat diterima oleh banyak kalangan pengguna internet. Hal ini disebabkan oleh keunggulan
Sabeer Bhatia dalam menyediakan empat fitur yang tidak dapat disaingi. Yaitu setiap email yang dimiliki oleh pengguna adalah gratis, rahasia, pribadi dan dapat digunakan dimana saja di dunia.

Ketika jumlah peserta mencapai sepuluh juta lebih, Bill Gates, Chairman of Microsoft dan orang terkaya di dunia menjadi tergiur untuk membeli HOTMAIL, dan melekatkannya pada lingkungan Windows 97 dengan tawaran sebanyak $ 50 juta dolar. Tetapi
Sabeer Bhatia mengetahui pentingnya program tersebut dan layanan yang dimiliki sehingga ia menawarkan dengan harga $ 500 juta dolar. Setelah negosiasi yang melelahkan di tahun 98 Sabeer Bhatia setuju untuk menjual program tersebut seharga $ 400 juta dolar dengan kondisi ia ditunjuk sebagai ahli dalam Microsoft.

Hari ini pengguna HOTMAIL telah mencapai 90 juta orang dan hampir setiap harinya diseluruh dunia sekitar 3000 orang menjadi pengguna.
Sabeer Bhatia tidak pernah berhenti bekerja sebagai seorang programmer bahkan ia telah menciptakan sebuah program lainnya yang dikenal saat ini dengan nama Arzoo yang memberi layanan travel portal terkenal. Ia telah menjadi begitu kaya dan sangat terkenal semenjak perjumpaannya dengan mantan presiden Amerika Serikat Bill Clinton, Chirac dan perdana menteri India Atal Behari Vajpani.

Hal yang sangat mengesankan dari kepribadian
Sabeer Bhatia, ia telah membawa keberuntungan bagi lembaga lainnya. Hingga ia telah mendirikan sejumlah lembaga, rumah sakit, perbaikan mesjid mesjid, bantuan kepada para siswa untuk menyelesaikan pendidikan, bahkan pernah disebutkan bahawa kekayaan Sabeer menurun pesat hingga $ 100 juta dolar.

2 Comments:

Eem..baru tahu.Tapi salut juga tuh buat Pak Sabeer yg memilih menggunakan uangnya untuk hal-hal yg bermanfaat untuk kemanusiaan..

hebat-hebat... ikut bangga..ternyata ada sodara muslim yang bisa menciptakan hal yang sangat hebat begini.. :)

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More